Masni, MA melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di MIN 12 dan MIN 1 Nagan Raya

Dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Masni, M.A dan Sari Diana, M. Pd dari Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) di Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di MIN 12 dan MIN 1 Nagan Raya pada 10 s/d 12 Oktober 2024.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam bentuk pelatihan tentang cara mendesain bentuk-bentuk soal dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan beberapa level lemahiran. Sasaran pelatihan ini adalah seluruh dewan guru di MIN 12 dan MIN 1 Nagan Raya, dengan harapan agar dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar dan sejalan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) berbasis komunitas di madrasah masing-masing.

Cut Rosmiati, S. Pd, selaku Kepala MIN 12 Nagan Raya menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat positif sekali bagi guru-guru dan juga mampu meningkatkan kemampuan guru dalam mendesain bentuk-bentuk soal yang lebih bervariatif, dan meminta agar ke depan akan berlanjut kegiatan pelatihan lainnya.

Sedangkan Kepala MIN 1 Nagan Raya, Samsul Rizal, M.A dalam sambutannya menyampaikan bahwa beliau sangat berterima kasih sekali atas kegiatan pelatihan ini dan sudah berbagi ilmu kepada guru-guru di MIN 1 Nagan Raya. “Mendesain bentuk-bentuk soal dengan beberapa jenjang level kemahiran ini, guru-guru bisa mengeksplor ilmu baru ini ke anak didik nantinya, alhamdulillah guru-guru kami sangat senang dan antusias dalam mengikuti pelatihan ini, dan sangat berharap agar pelatihan seperti ini nantinya berkelanjutan”.

Masni, MA menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk membantu atau memudahkan para dewan guru dalam mendesain soal dalam beberapa level kemahiran. Sehingga guru nantinya tidak hanya membuat soal hanya dalam satu jenjang level kemahiran saja, setelah pelatihan ini para guru insyaAllah akan mampu membuat butir-butir soal yang mencakup semua level, dan hal tersebut merupakan salah satu dari bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka-Berbasis Komunitas”.

Sari Diana, M.Pd menyampaikan bahwa selain mendesain bentuk-bentuk butir soal, guru juga diharapkan agar mampu membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang bervariasi, inovatif dan kreatif. LKPD yang baik adalah LKPD yang dimulai dengan stimulus yang baik, menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik”.